Wednesday, March 11, 2009

Antara Tuhan dan Papa

Sejak kecil Papaku mengajariku tentang Tuhan

Tuhan adalah Zat yang menciptakanku

Tuhan adalah Zat yang wajib disembah


Semua firmanNya merupakan kebenaran mutlak

Tak ada satu pun ayatNya yang boleh ditentang

Tak secuil sabda kekasihNya yang boleh ditawar

Kini usiaku sudah mulai beranjak dari kepolosanku

Tuhan yang kusembah masih sama seperti waktu kecilku

Tiap ayat yang kubaca masih sama seperti aku mengaji dulu

Bahkan Papaku tak segan mengajariku tentang Tuhan lagi

Namun ada yang janggal ketika aku membaca ayatNya

Tersirat seberkas petunjuk untuk lebih menjaga diriku

Dan kini ayat itu tak hanya kubaca seperti waktu kecil dulu

Perlahan kucoba memahaminya

Sampai akhirnya aku memutuskan untuk menjalankannya

Tuhan yang ada dalam hati dan pikiranku masihlah yang dulu

Tuhan ini masihlah yang selalu kudatangi tiap waktu

Kalau waktu kecil dulu mungkin aku hanya pengikut saja

Tapi kini tak hanya pengikut tapi seharusnya juga pelakon

Sedangkan Papaku masihlah tak enggan mengajariku tentang Tuhan

Sama seperti masa kecilku dulu baginya ayatNya wajib dijalankan

Namun ketika aku mengatakan untuk akan menjalankan ayatNya

Papaku berkata, “Apa kamu sudah mantap dengan ayat itu ?”


"Ayat itu bertujuan baik, tapi apakah dirimu siap menjalani ayat itu ? Coba dipikirkan lagi”

Aku pun memantapkan diri untuk menjalankan ayat itu

Tuhanku masih sama seperti yang pernah diajari Papaku waktu kecil

Dan aku pun masih percaya pada Tuhan dan Papaku

Namun saat kubertanya lagi pada Papaku,

“Bolehkah kulakoni ayatNya sekarang ?”

Papaku menjawab, “Apa kamu sudah mantap dengan ayat itu?”.

“Apa tidak lebih baik ditangguhkan dulu untuk ayat itu ?”.

Aku diantara Tuhan dan Papa

Tuhanku adalah Sang pengatur jalan hidupku dunia akhirat

Dan Papaku adalah Sang makhluk yang diberi amanah olehNya

Ada ayat ditengah tasbihku pada Tuhan

Juga ada nasehat ditengah hormatku pada Papa

Mungkinkah aku harus mengingkari yang pernah disampaikan Papa tentang Tuhan padaku ?

Mungkinkah Tuhan yang salah memfirmankan ayatNya ?

Atau mungkinkah aku yang terlalu naif memahami ayatNya yang telah kubaca bersama Papa ?

Dan aku berada diantara Tuhan dan Papa kini

Malang, 171006

22.44 WIB

No comments: